PETA , PROFIL
MASALAH DAN
POTENSI SOSIAL DAN BUDAYA
Desa : PUCUK
Kecamatan : PUCUK
Kabupaten : LAMONGAN
Berdasarkan kesepakatan peserta dalam diskusi mengenai pembahasan hasil
pemetaan swadaya di tingkat desa pada hari SABTU
Tanggal 6 AGUSTUS 2011 pukul 20.00 bertempat di BALAI
DESA PUCUK, maka potensi SOSIAL BUDAYA masyarakat
sebagai berikut :
No
|
Potensi Sosial dan Budaya
|
Prioritas Masalah
|
Lokasi
(Dusun)
|
Profil dan Kereakterisitik
Masalah
|
||
Nilai social/budaya/Adat
|
Tingkat Pendidikan/Pelatihan
|
Akses Modal/pasar
|
||||
1
|
Terdapat
POLINDES
|
1.
Pengembangan sistem jaminan kesehatan untuk penduduk
miskin masih kurang optimal
2.
Penanggulangan penyakit DB belum optimal
|
Dusun Pucuk
|
Beberapa masyarakat yang
memanfaatkan
|
|
|
2
|
Terdapat
tiga masjid
|
3.
Perbaikan dan penambahan fasilitas yang belum maksimal
|
Dusun Pucuk dan dusun Dati
|
Sebagai pusat pengembangan
dakwah
|
|
|
3
|
Terdapat
Jamaah Tahlil tiap RT
|
4.
Belum secara optimal sebagai forum silaturahim
|
Dusun Pucuk dan dusun Dati
|
Merupakan tradisi
turuntemurun
|
|
|
4
|
Terdapat
PAUD, TK, MTs, SMP dan SMA, SMK
|
5.
Kualitas proses dan hasil belum maksimal
|
Dusun Pucuk dan dusun Dati
|
Pusat pendidikan generasi
muda desa
|
|
|
Beserta daftar prioritas
prioritas masalah, potensi social dan budaya desa ini juga dilampirkan
risalah/notulensi pertemuan, daftar hadir peserta pertemuan.
Demikian Daftar Prioritas ini
dibuat untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam pelakasanaan PPIP di Desa kami,
khususnya bagi proses penyusunan PJM Desa (Pronangkis) dan usulan kegiatan
pembangunan.
Deskripsi
1. Salah satu tempat strategis dalam upaya
pemberdayaan masyarakat desa adalah masjid. Masjid adalah jantung umat. Masjid
adalah salah satu pilar meretas kebangkitan umat selain pesantren dan kampus.
Keberadaan masjid merupakan poros aktivitas keagamaan di masyarakat. Masjid
diharapkan pula menjadi mitra lembaga pendidikan formal (sekolah) yang memiliki
kepedulian terhadap masa depan generasi yang akan datang.
2. Di Desa Pucuk ada 1 Madrasah Ibtidaiyah, 2
Taman Kanak-kanak, 1 SMP, 1 Madrasah Syanawiyah, 1 SMA dan 1 SMK. Hal ini
menunjukkan bahwa motivasi masyarakat untuk mendirikan lembaga pendidikan cukup
tinggi. Namun yang perlu mendapat perhatian semua pihak adalah proses
pendidikan dan mutu lulusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar